Rabu, 20 Juli 2016

DO'A MUDAH BAYAR HUTANG




HOME


Hutang memang membuat kita pusing tertekan terlilit seolah susah bernafas hanya karena hutang, bagaimana agar bebas hutang? Apa doa yang ampuh untuk kita agar mudah membayar hutang?
Hutang memang harus dibayar karena pertanggungan jawabanya samapi akherat, bahkan orang yg mati sahidpun akan tertahan bila masih berhutang. Bagaimana solusi agar bebas dari jeratan hutang?
Berikut kami kutipkan salah satu nasehat dari Rasulullah agar bisa dimudahkan bebas hutang/mudah membayar hutang. Insya Allah membawa pencerahan dalam masalah hutang


Abu Said Al Khudri mengisahkan: “Suatu hari Rasulullah SAW masuk masjid, disana beliau menemukan ada seorang sahabat bernama Abu Umamah yang sedang duduk. Beliau bertanya: “Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat engkau sedang duduk di luar waktu salat?” Ia menjawab: “Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau berkata: “Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila engkau membacanya, maka Allah ta’ala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” ‘Tentu wahai Rasulullah’ Beliau bersabda: “jika kau berada di waktu pagi maupun sore bacalah do’a ini:
“Allohumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali”
Do’a Bisa Membayar Hutang
(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas, Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia)
Abu umamah berkata: “Setelah membaca do’a tersebut, Allah ta’ala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud).
Cara mengamalkan doa ini :
1. Dibaca diresapi dimaknai minimal setiap selesai sholat dibaca 3x
2. Doa ini juga dibaca/diamalkan 3x setiap pagi dan petang (setelah sholat subuh & sholat asar/magrib)
3. Lihat esensi doa ini bahwa kita berlindung kepada Allah dari sifat bingung sedih, lemah malas pengecut dan kikir, oleh karena itu tidak hanya sekedar dibaca/diwirid saja tapi terlebih daripada itu kita harus memperkuat keimanan kita yakin kita hanya kepada Allah dan berusaha untuk bangkit berikhtiar semaksimal mungkin sesuai dgn bidang yg kita mampu, misalnya berdagang, berbisnis, bekerja dan lain sebagainya jangan dilihat hasilnya tapi lihatlah akan Kuasa Allah jika Allah berkehendak maka pertolongan Allah akan datang melalui wasilahnya apa saja sesuai dengan Kehendak-Nya, jadi jangan bingung sedih... silakan renungkan surat Fushilat : 30-31 Istiqomah. 
.Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah (Ber-IMAN yang Lurus/Benar/Kuat)" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (ISTIQOMAH), maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta."
4. Agar doa kita diperhatikan oleh Allah maka tunaikanlah syareat2-Nya, misalnya Sholat 5 waktu selalu tepat waktu-berjamaah-dimasjid, kemudian di iringi dgn sholat sunnah rowatibnya. coba renungkan firman Allah dlm surah Al-Baqoroh 186 "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.
5. Walaupun kita sedang terjepit masalah tetaplah selalu menolong orang lain sesuai kemampuan kita misalnya dgn tenaga, dgn ilmu yg kita miliki atau apapun bisa jadi asbab usaha kita yg kecil menjadi pintu wasilah bagi Allah untuk menolong kita. Contoh misalnya anda sedang dijalan tiba2 nemu dompet/tas isinya uang banyak sekali maka anda harus dilihat identitas disitu siapa pemiliknya dan usahakan dihubungi dan dikembalikan, ingat jangan mengambil apapun isi didalamnya meskipun selembar dan nanti ketika sudah bertemu kepada orang yg memang benar pemiliknya anda jangan minta balasan/imbalan kalau diberi usahakan jangan mau tolak secara halus misalnya "maaf pak ibu saya bukanya menolak tapi mohon maaf barang ini bukan barang saya dan tidak ada hak untuk saya menerima imbalan apapun dari bapak/ibu...biarlah ini jadi ladang amal sholeh saya mohon doanya saja semoga Allah selalu membantu kita dlm setiap langkah kehidupan kita..." Anda harus ikhlas karena bisa jadi ini adalah ujian dari Allah untuk menguji keimanan kita...
Tapiii andaikan mereka tetep kekeh agar menerima balasan/imbalan ya terima saja dgn baik bisa jadi itu rezeki kita asalkan kita tidak minta...dan jangan lupa sedekahkanlan sebagian pada anak yatim, orang miskin yg membutuhkan atau siapapun yg berhak... mudah2an itu jadi asbab pertolongan Allah datang kepada kita, amiin..
6. Yakinlah, Sabarlah dan Bersyukurlah...Insya Allah Allah akan menolong hambanya selagi hamba tersebut tidak putus asa... apa itu putus asa? yaitu orang yg berkata "...saya sudah berdoa kepada Allah tapi tidak dikabulkan..." ingatlah rencana Allah itu lebih pasti daripada rencana kita... bisa jadi kita dihindarkan dari bala bencana yg akan menimpa asbab doa kita atau bisa jadi kita diberikan pertolongan yg lebih baik... renungkan surat Al-Baqoroh 45-46
 "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',
Al-Baqoroh 152 : 
 Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
Demikian nasehat sebuah doa yang ampuh mujarab agar kita dimudahkan membayar melunasi hutang-hutang yang melilit/menumpuk sebagai usaha/ikhtiar batiniyah kita, semoga Allah mengabulkan doa-doa kita semua, aamiin .





 Do'a tanpa sedekah seperti Surat tanpa perangko
 susah sampai ke alamat yang di tuju
 Berdo'a & Bersedekahlah !
 Yang mau berinfak & Sedekah Ijazah do'a dari blog ini  silahkan  Infak Di sini
 Semoga Do'anya di kabulkan   

Kembali Ke Halaman Pertama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar